BISNIS DARING DAN PEMASARAN

Novia Yenita, S.E.  M.Pd.

 

 

 

 

KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN

Tujuan Program Keahlian Pemasaran

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Menerapkan  prinsip prinsip bisnis dan etika bisnis yang diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis;
  5. Memiliki  keahlian-keahlian yang lebih spesifik dalam manajemen ritail dan pemasaran yang semakin dibutuhkan oleh dunia kerja;
  6. Memiliki kompetensi membangun hubungan pelanggan dari mulai   prospecting sampai mempertahankan pelanggan dan menjadikan pelanggan sebagai mitra perusahaan/lembaga;
  7. Memiliki kompetensi teknik komunikasi dan negosiasi serta wiraniaga;
  8. Memiliki Kompetensi dalam mengoperasikan alat-alat bisnis.

Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Studi Keahlian Tata Niaga  kompetensi keahlian Pemasaran adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja, antara lain :

  1. Pramuniaga (tenaga penjual);
  2. Tenaga  Pemasaran / Pembelian;
  3. Kasir;
  4. Pengelola Usaha Eceran / Retail;
  5. Administrasi Penjualan / Pembelian;
  6. Wirasawasta;
  7. Pengelola Gudang